Selasa, 29 Oktober 2013

Pertemuan 1

Nama:samsul arifin
Nim:18113447
Kelas:12.5i.07

PERTEMUAN 1
TERMINOLOGI PERANCANGAN WEB
terminologi

WEB DESIGN adalah seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhan dan bisa melibatkan estetika dan seluk beluk mekanis dari suatu operasi situs web walaupun yang yang utama memusatkan pada look dan feel dari situs web tersebut.
WEB ENGINEERING adalah aplikasi pendekatan sistematis dan terukur (konsep, metode, teknik, alat) untuk biaya-efektif sebagai syarat analisis, implementasi, desain, pengujian, pengoperasian, dan pemeliharaan aplikasi web berkualitas tinggi.
Mood adalah dasar dari sebuah desain untuk memberikan pesan kepada pengunjung mengenai perasaan dari situs tersebut, tampilan situs bisa membawa rasa sedih
DESAINER WEB adalah orang yang bertugas mendesain halaman web yang menentukan look dan feel yang mempunyai kemampuan mencari dan menentukan ide dan kemudian mengolahnya dalam pikiran, menggunakan ide secara efektif, menentukan nilai dari ide tersebut, menempatkan dengan benar dan memakainya dengan tepat
WEB DESIGN dapat didefinisikan sebagai
:
1.Pemrograman yang berfungsi sebagai back-end dari situs
2.Pengembangan tampilan front-end Fungsi Situs Web
1.Fungsi Komunikasi
2.Fungsi informasi
3.Fungsi entertainment
4.Fungsi transaksi





Jenis situs web yang dikelompokkan sesuai tujuan:

1.Alat Pemasaran

2.Nilai Tambah
3.Katalog
4.E-Commerce
5.E-Learning
6.Komunitas
7.Portal
8.Personal

Kategori dari Web Aplications:
1.Document Centric : static homepage, web radio, company website.
2.Interactive : virtual exhibition, news site, time table information.
3.Transactional : online banking, online shopping, booking system.
4.Workfloe-based : e-government, B2B solution, patient workflow

5.Collaborative : chatroom, e-learning platform, P2P services
6.Ubiquitous : customized services, location-aware service
7.Semantic Web : reommender system, syndication, knowledge management.
8.Social Web : weblogs, collaborative filtering, virtual shared workspace.


Evolusi WEB

    Tujuan awal penciptaan dari web adalah untuk memfasilitasi dan mempermudah berbagi informasi antara beberapa ilmuwan menggunakan situs Web sederhana yang terutama terdiri dari dokumen teks hyperlink.
Dalam 10 tahun, jumlah Situs Web secara dramatis telah berkembang dari 100 menjadi lebih dari 45 juta.
Enterprises, perjalanan dan industri perhotelan, bank, lembaga pendidikan dan pelatihan, hiburan bisnis dan pemerintah saat ini sudah menggunakan sistem berbasis web dan aplikasi skala besar untuk memperbaiki, meningkatkan dan / atau memperluas operasi mereka.
Kontribusi dari masing-masing disiplin ilmu ini pada evolusi dan pertumbuhan dari Web adalah:
 A. Media: integrasi dari berbagai jenis media seperti data, teks, grafik, gambar,audio      dan video, dan presentasi (animasi, visualisasi 3D); jenis interaksi dan saluran       komunikasi (satu-ke-satu, satu-ke-banyak,banyak-ke-satu, dan banyak-ke-            banyak).
B. Informasi ilmu: informasi organisasi, presentasi, indexing, retrieval, agregasi, manajemen, kolaboratif dan pembuatan konten
C. Informasi dan teknologi komunikasi dan jaringan: efisien dan costeffective     

Spesifikasi WEB

1. Multidisciplinarity Pengembangan aplikasi web membutuhkan partisipasi dari para              ahli dari berbagai disiplin.
2. Unavailability of Stakeholders Selama aktivitas pengembangan web, user yang       benar-benar menggunakan belum diketahui.
3. Persyaratan volatilitas dan kendala Hambatan seperti properti dari platform               penyebaran atau komunikasi lebih mudah saat mengembangkan sistem          perangkat lunak konvensional daripada aplikasi Web
4. Lingkungan Operational yang sulit diprediksi Lingkungan operasional aplikasi Web juga sangat dinamis dan sulit diprediksi
5. Dampak Sistem Legacy
            produk Pengembangan aplikasi Web ini ditandai dengan integrasi perangkat      lunak dengan komponen yang ada seperti komersial dengan perangkat lunak       open source.
6. Aspek Kualitas
            Kualitas aspek menentukan bagi keberhasilan aplikasi Web Contohnya kinerja aplikasi Web, keamanan di e-commerce, ketersediaan, atau kegunaan.
7. Kualitas Antar muka Pengguna
            Kualitas antarmuka pengguna adalah aspek lain keberhasilan-kritis dari aplikasi            Web dengan prinsip IKIWISI ((I Know It When I See It)

     Pengembang yang kurang berpengalaman
    
    Banyak teknologi yang mendasari dalam aplikasi Web yang masih cukup baru sehingga pengalaman dengan alat-alat teknologi pembangunan, standar, bahasa, dapat menyebabkan perkiraan yang salah dalam menilai kelayakan dan biaya pelaksanaan.

PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
1.Memahami Konteks Sistem - Mendukung tujuan bisnis pelanggan - Menganalisa dan             menjelaskan proses bisnis yang ada - analisis bisnis dapat menentukan nilai dari          sebuah aplikasi Web dalam kaitannya dengan sumber daya
2.. Melibatkan Stakeholder Kerjasama aktif dan langsung dalam mengidentifikasi dan   negosiasi persyaratan penting dalam setiap fase proyek
3. . Iterative Definition Pada awal proyek, persyaratan utama biasanya didefinisikan     pada tingkat yang lebih tinggi
4. Fokus pada Arsitektur Sistem
"Ruang solusi“ dapat mendefinisikan "ruang masalah" dan pemahaman elemen            solusi teknis dengan kemungkinan dan keterbatasan.

5. Risiko Orientasi
- Masalah tidak terdeteksi,
- Masalah yang belum terpecahkan
- Menghindari masalah IKIWISI, rilis awal dari suatu aplikasi Web untuk mengumpulkan umpan balik pengguna, atau disatukan komponen awal eksternal untuk menghindari integrasi yang terlambat.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar