Selasa, 29 Oktober 2013

Pertemuan 6

Pertemuan 6

 Promosi dan Pemeliharaan Website

Promosi Website
•Bagaimana user dapat menemukan dan mendapatkan informasi dari website adalah tujuan dari promosi web, terutama untuk aplikasi web yang komersil.
•Promosi website terbagi 2:

1. Promosi Offline
2. Promosi Online
Promosi Offline Melalui media konvensional seperti:
•Media Cetak

Promosi ke majalah, koran, tabloid atau media cetak lain.
•Media Elektronik

Promosi melalui televisi atau radio.
•Media lainnya seperti Kartu nama, Pamflet, Leaflet/brosur, Kop surat, Billboard, Spanduk/umbul-umbul, dsb.

Promosi Online
•Newsletters
•Affiliate Marketing
•Search Engine Marketing
•Content-related Marketing
•Domain Management
•Milis

Newsletters
•Didistribusikan melalui Email
•Merupakan media yang efektif untuk mendapatkan pelanggan baru dan menyediakan informasi untuk pelanggan serta membentuk relasi yang kuat.

Affiliate Marketing
•Affiliate Marketing adalah revenue sharing antara pemasang iklan online dengan penjual online/pemilik website melalui perdagangan online produk, jasa/service atau pekerjaan dari aplikasi web milik sesorang yang diintegrasikan ke aplikasi web affiliate.
•Affiliate marketing sering terkait dengan hilangnya identitas sendiri, menawarkan bentuk yang efisien dari iklan dengan biaya startup relatif rendah untuk menarik lebih banyak pengunjung dan untuk membuat situs Web populer.


•Sebagian besar perjanjian pembagian berdasarkan model pay-per-performance, model bisnis berbasis web yang mengumpulkan biaya hanya jika konsumen menyelesaikan transaksi (Hoffmann and Nowak 2005, Rappa 2003).
•Jenis Affiliate Marketing:
1. Banner exchange
2. Pay per click
3. Revenue sharing


•Faktor sukses dari Affiliate Marketing:
1. Integrasi ke situs afiliasi tidak boleh hanya didasarkan pada link sederhana atau banner, tapi harus memberikan nilai tambah kepada pengguna.
2. Sebuah topik afinitas kuat antara situs afiliasi dapat meningkatkan minat pengguna
3. Ketika mempersiapkan sebuah kontrak, harus mencapai kondisi win-win condition.

Search Engine Marketing
•Search engine didasarkan pada konsep konvensional information retrieval systems tahun 1960-an, yang ditujukan untuk menyimpan dan mengambil repositori data tekstual (Salton and McGill 1983, Baeza-Yates and Ribeiro-Neto 1999)
•Search engine marketing (juga disebut mesin pencari promosi) mencoba untuk memenangkan kontrak yang relevan dengan muncul pada halaman hasil pencarian dari layanan
•Promosi Search engine bisa dilakukan dengan cara membayar dan bisa secara gratis

Search engine yang sangat populer didunia diantaranya:
•Google (http://www.goggle.com)
•AllTheWeb (http://www.alltheweb.com)
•Yahoo (http://www.yahoo.com)

Sistem kerja mesin pencari WWW secara umum terdiri:
a.Crawler

Merupakan suatu program yang mengambil halaman-halaman web, yang akan digunakan oleh mesin pencari.
b. Indexer
Melakukan proses pembuatan index untuk halaman-halaman tersebut dan juga melakukan pembuatan rangkuman dan analisis terhadap isi halaman web
c. Searcher
Berfungsi sebagai interface antara user dengan keseluruhan sistem. Subsistem searcer menangani masukan query dari pemakai dan kemudian melakukan pencarian terhadap isi index untuk mencari halaman web yang cocok. Hasil proses pencarian kemudian diberi bobot/ranking.
Untuk mendapatkan ranking yang tinggi meskipun hanya menggunakan fasilitas gratis, diantaranya dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut



•Memberikan judul pada tag title, dianjurkan mengandung penjelasan atas halaman dan situs web-nya.
•Memberikan meta keywords pada setiap halaman web. Hindari perulangan kata karena akan dianggap sebagai spam oleh search engine.
•Memberikan meta description, yang menggambarkan halaman web-nya.
•Gunakan tag heading untuk setiap judul pada isi halaman web


•Dengan mengklik URL situs web dari hasil pencarian search engine akan mengingat situs web yang sering dikunjungi akan dianggap penting dan akan dinaikan rankingnya.
•Menyertakan link situs web kesitus-situs yang memiliki hit yang tinggi atau dianggap situs penting oleh search engine
•Memberikan nama file yang sesuai dengan isinya.

Content-related Marketing
•Pelopor absolut berkaitan dengan konten pemasaran yang berhubungan dengan bentuk iklan semakin populer adalah mesin pencari Google.
•Google mengembangkan program khusus yang disebut AdWords (http://www.adwords.google.com) untuk menjangkau pelanggan potensial dengan cara yang ditargetkan
•Program tambahan ini memungkinkan untuk menempatkan iklan yang sesuai baik pada halaman hasil pencarian dan pada halaman situs afiliasi Web.
• Kampanye AdWords digunakan untuk menjangkau pengguna mencari kata kunci khusus dalam Google dan memasang iklan di aplikasi Web yang terkait.


Domain Management
•Setiap aplikasi Web memiliki alamat internet yang digunakan untuk akses unik dan langsung ke Aplikasi web.
•Alamat ini memiliki arti strategis yang penting untuk tujuan pemasaran.
•Saat ini banyak perusahaan pendaftaran domain yang bertanggung jawab menetapkan dan mengelola domain dan operasi pada tingkat nasional dan global.
•Dianjurkan hanya menggunakan satu domain tunggal yang berfungsi untuk komunikasi dengan dunia luar yang disebut domain master, dan domain sekunder yang berhubungan dengan master domain dan produk maupun jasa, hal ini memungkinkan sebagai traffic-generator.

Milis
•Milis adalah sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi.
•Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya.
•Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
•Milis juga dapat digunakan sebagai tempat promosi situs web, tapi hati-hati jangan sampai email dianggap spam.
•Promosikan ke milis yang sejenis dengan situs web dengan tidak secara langsung mengajak atau mengunjungi situs web tetapi berikan tawaran yang bermanfaat bagi anggotanya.

Pemeliharaan Website
•Upload Situs Web
Proses memindahkan atau memasang dari server lokal ke server hosting disebut proses Upload.
Hal yang harus diperhatikan:
- Webhosting
- Teknik dan Tool untuk upload situs web


•Memonitor dan mengevaluasi Situs Web
- Lalu lintas aliran data (Website Traffic)
Untuk melihat aliran data dapat melihat statistik situs web. Disini dapat diketahui banyaknya pengunjung, siapa yang mengunjungi, seberapa suka pengunjung pada website dan juga halaman mana saja yang sering dikunjungi.
- Performa Situs (Website Performance)
Untuk melakukan evaluasi dapat digunakan performa situs. Evaluasi meliputi: Aksesibilitas dan Performa Situs.

Feedback
•Feedback merupakan umpan balik terhadap suatu proses, kejadian atau layanan
•Feedback berfungsi untuk mengontrol, memberikan kontribusi dan mengembangkan sebuah website.
•Adanya feedback memungkinkan perkembangan sebuah website menjadi sesuai dengan kebutuhan pengguna (Update situs web)

Update Situs Web
•Memperbarui situs web dengan sesuatu yang baru, dengan mempertimbangkan kebutuhan pengunjung dan situs web itu sendiri.
•Update Situs Web

- Memperbarui Desain Web
- Memperbarui Fasilitas

- Memperbarui Content

Tidak ada komentar:

Posting Komentar