PERTEMUAN 2
MODELING
Web
applications
Spesifikasi Model Web Applications
Dibedakan tiga tingkat yaitu
Content, hypertext, dan presentation
METHODE dan TOOLS
Metode
tersedia untuk pemodelan aplikasi Web yang biasanya didasarkan pada metode tradisional,
seperti sebagai ER, atau mereka meningkatkan bahasa pemodelan berorientasi
objek, misalnya, UML. Metode Pemodelan mengikuti paradigma yang berbeda,
tergantung pada asal mereka dan fokus:
1.Data-oriented
methods Data
berasal dari bidang sistem database terutama didasarkan pada model ER yang
lebih dispesifikkan dengan konsep-konsep untuk pemodelan pada tingkat
hypertext. Fokus utama dari metode ini adalah pemodelan aplikasi Web
database-driven. Contoh metode berorientasi data termasuk Relationship
Management Metodologi(RMM) dan Bahasa Modeling Web (WebML
METHODE dan TOOLS 4.
Software-oriented methods Contoh untuk kategori ini adalah Aplikasi Web
Extension (WAE), atau WAE2 yang disempurnakan Untuk pengembangan aplikasi web
dalam pemilihan Tools menggunakan alat yang mendukung tidak hanya model itu
sendiri, tetapi terutama juga otomatisasi contohnya
WebRatio Site
Development Studio
WEB APLICATION ARCHITECTURE
Ada beberapa pengertian menyangkut
arsitektur:
1.Arsitektur
menjelaskan struktur, arsitektur dari sistem perangkat lunak terdiri dari
strukturnya, dekomposisi ke dalam komponen, dan hubungan antarmuka.
2.Arsitektur
membentuk transisi dari analisis terhadap implementasi.
3.Architecture dilihat dari sudut
pandang yang berbeda, yaitu a. Pandangan konseptual, yang mengidentifikasi
entitas dari domain aplikasidan hubungan. b. Pandangan runtime, yang
menggambarkan komponen di runtime system. pandangan proses, peta proses pada
sistem runtime.
c. Peta proses pada sistem runtime,
melihat aspek seperti sinkronisasi dan concurrency. d. Pandangan implementasi,
yang menggambarkan artefak perangkat lunak sistem.
4.Arsitektur
membuat sistem dimengerti.
5.Arsitektur
merupakan kerangka untuk sistem yang fleksibel.
Teknologi Web Aplikasi
A. Hypertext dan Hypermedia Hypertext
dipahami sebagai organisasi dari interkoneksi unit informasi tunggal dimana
hubungan antara unit-unit ini dapat dinyatakan oleh link dengan inti konsep
dasarnya World Wide Web. Hypermedia umumnya dipandang sebagai cara untuk
memperluas prinsip hypertext untuk objek multimedia.
B. Komunikasi Client/Server a. SMTP (Simple
Mail Transfer Protocol) Memungkinkan untuk mengirim dan menerima e-mail juga
digunakan sebagai protokol transport pesan
C. RTSP (Real Time Streaming Protocol)
Merupakan standar dipublikasikan oleh Internet Engineering Task Force (IETF),
dan dirancang untuk mendukung pengiriman data multimedia dalam kondisi
real-time. c. HTTP (HyperText Transfer Protocol) Protokol berbasis teks,
mengendalikan bagaimana sumber daya dokumen atau gambar diakses yang
menggunakan konsep Uniform Resource Identifier (URI).
D. Teknologi Dokumen yang Spesifik
a.HTML
- Hypertext Markup Language Sebuah aplikasi SGML, menggambarkan unsur-unsur
yang dapat digunakan untuk menandai isi dokumen hypertext dan bagaimana
unsur-unsur ini saling berhubungan (dalam Document Type Definition (DTD).
b.SVG
- Scalable Vector Graphics Memungkinkan menggambarkan grafik dua dimensi dalam
XML.
c.SMIL
- Synchronized Multimedia Integration Language Dikembangkan oleh W3C untuk
mewakili disinkronisasi presentasi multimedia.
e.XML - eXtensible Markup Language
Untuk kemudahan pelaksanaan, dan untuk interoperabilitas dengan kedua SGML dan
HTML .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar